Ternyata Tidur Siang Tak Boleh Ceroboh, Ini Cara yang Benar!

Ternyata Tidur Siang Tak Boleh Ceroboh, Ini Cara yang Benar!

Info

Tidur terang terbukti dapat mengurangi rasa letih dan meningkatkan konsentrasi. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM   –  Siang hari  adalah waktunya mengantuk maksimal. Sesudah lelah beraktivitas, ditambah efek lantaran makan siang, badan terasa betul lelah dan lemas. Rasanya serupa tak kuat melanjutkan aktivitas.

Jangan bersandar pada kebiasaan minum kopi buat mengatasinya. Toh, enggak ada salahnya kalau kita beristirahat dengan tidur siang sejenak. Tidur siang benar dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Sayangnya, beberapa orang kala merasa pusing ketika bangun sejak tidur siang. Bukannya jadi bugar, kita tambah malas dan layu. Ternyata, tidur siang memang enggak bisa sembarangan dilakukan. Waktu unggul untuk  tidur siang  adalah era tubuh benar-benar sedang dalam iklim mengantuk dan butuh istirahat sejenak.

Sedangkan jam yang tepat untuk tidur siang menurut jam biologis manusia adalah sekitar pukul 14. 00 sampai 16. 00. Sebab pada rentang waktu ini, temperatur tubuh menurun dan kita biasanya merasa lemas, kemampuan gerak melambat, dan merasa ngantuk.

Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, kita hanya perlu tidur selama 20-30 menit. Hal tersebut sesuai dengan penelitian Dr. Charles Morin, profesor bidang psikologi pada Laval University dan anggota riset mengenai masalah tidur di Kanada.

Zaman tersebut pas, cukup untuk membuat stamina kembali segar. Lebih sejak waktu tersebut, malah akan membuahkan inersia tidur atau rasa pening setelah terbangun dari tidur.

Jangan ingat kalau tidur siang berbeda secara tidur malam, tidur siang cuma tambahan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Kegiatan ini juga tak dianjurkan untuk dilakukan setiap keadaan, kecuali jika kita benar-benar kemaluan istirahat, mengantuk dan kelelahan. Maka, jangan asal  tidur siang  sungguh!

Rekomendasi